Perbedaan kualitas dan resolusi download film

Perbedaan kualitas dan resolusi download film – Untuk kalian yang sering dan suka download film / movie di internet pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah CAM – TS – SCR – R5 – DVDScr – DVDRip – WEBRip – WEB-DL – BRip – BDRip. Tapi apakah kalian tahu apa arti dari istilah tersebut?. 

Sebelum Prasetyaweb jelaskan. Mari tengok file hasil download film / movie kalian , lihat nama filenya, Apa format penamaannya seperti gambar ini?

perbedaan kualitas dan resolusi download film

Biasanya sistem penamaannya kurang lebih adalah sebagai berikut:

Judul Film – Tahun Film Rilis – Kualitas video – Resolusi – Codec – Release Group

Pemisah antar komponen bisa berbeda. Ada yang pakai titik (.), ada yang pakai spasi ( ), ada yang pake setrip (-). Tapi yang jelas, formatnya kurang lebih begitu, atau kurang lebih yang selalu disertakan seperti itu. Untuk Judul Film dan Tahun Film Rilis sudah jelas.

Format ada berbagai macam. Mulai dari yang paling buruk sampai yang paling jernih. Yang membedakan format ini sendiri adalah sourcenya. Yang perlu diperhatikan adalah: Kualitas hasil ENCODE TIDAK AKAN LEBIH BAIK dari SOURCEnya. Itu yang perlu diingatkan baik-baik. TIDAK AKAN LEBIH BAIK itu berarti HASIL ENCODE MAKSIMAL akan SAMA DENGAN SOURCEnya.

Disini Prasetyaweb akan menjelaskan perbedaan antara kualitas download film dari yang terburuk sampai yang terbaik dan kualitas resolusinya.

A. Kualitas download film dari yang terburuk sampai yang terbaik

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. CAM

Kualitas paling buruk, karena hasil rekaman seseorang di bioskop. Peralatan yang digunakan terbatas, jadi hasilnya pun terbatas. hasil film dari CAM adalah gambarnya tidak tajam, kadang ada shaky cam, kadang ada kelihatan bayangan orang berdiri, audionya biasanya tidak jelas, dan masih banyak lagi. Selain CAM juga ada HDCAM yang merupakan CAM dengan kualitas lebih baik/tinggi. Kelebihan dari CAM sendiri adalah: rilisnya paling cepat ketimbang yang lain. Biasanya saat filmnya lagi tayang di bioskop CAM ini sudah rilis.

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. TS

TS singkatan dari Telesync. TS merupakan versi CAM yang sedikit lebih bagus. Kalau di CAM ada shaky cam, nanti diperbaiki agar tidak shaky, jadilah TS. Kalo mereka dapat source audio yang lebih bagus, audionya diganti. Semacam itulah. Kurang lebih.

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. SCR

SCR ini merupakan singkatan dari SCREENER. Kadang disebut juga sebagai DVD-SCREENER (karena sourcenya didapat dari keping DVD). Screener ini merupakan rilisan awal dari DVD/BD yang dikirimkan ke para reviewer film. Tujuannya agar para reviewer bisa buat review awal gimana film yang baru mereka tonton. Ciri khas dari Screener adalah selalu dibuka dengan warning copyright dan ada semacam watermark di filmnya. Kualitas screener ini bermacam-macam. Ada yang lebih deket ke TS, ada yang standar, dan ada juga yang udah setara DVDRip.

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. R5

R5 merupakan singkatan dari Region 5. Maksud dari istilah region 5 ini sendiri adalah source filmnya berasal dari DVD dari Region 5. Region 5 itu sendiri terdiri dari India, Afrika (kecuali Mesir, Afrika Selatan, Swis, dan Lesotho), serta Russia dan negara-negara yang dulunya USSR. Kenapa dibedain dari DVDRip biasa? Karena DVD yang ada di R5 ini tidak lewat di bagian post-processing. Jadinya bisa lebih cepat. Tapi konsekuensinya, kadang hasilnya kurang baik kalau dibandingin DVDRip yang dari Region 1 dan Region 2.

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. DVDScr

Salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan. Video jenis ini biasanya akan terdapat berbagai kelemahan seperti tanda air/watermark dalam videonya (hanya sebagian layar), tulisan/teks berjalan tanda preview atau di beberapa bagian dari video tersebut berubah-rubah warna yang asalnya full color menjadi hitam putih. Untuk kualitas suara biasanya lumayan baik.

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. DVDRip

DVDRip ini merupakan rip / copyan dari DVD resmi. Tergantung kualitas rippernya, DVDRip ini bisa tergolong standar sampai bagus. Dibungkus dalam kontainer .AVI, dengan ukuran standar 700MB. Kualitas gambar dan suaranya sangat baik (DVD Quality), mendownload film jenis DVDRip sama saja dengan anda membeli DVD asli. Versi ini merupakan versi paling populer sebelum kemunculan BluRay Disk (yang mengakibatkan semakin populernya BDRip/BRRip).

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. WEBRip

WEBRip sudah kelihatan dari namanya, artinya rip video dari WEB. WEB yang dimaksud disini adalah web streaming yang sifatnya DRM-Free, seperti dari Hulu (TV Series), Netflix (TV Series), dan Crunchyroll (anime). Kualitasnya sedikit lebih rendah dari WEB-DL dan HDTV versi bagus, karena memang bitratenya lebih rendah, agar mengurangi bandwidth streaming.

  1. WEB-DL

WEB-DL merupakan kualitas terbaik sebelum datang versi BluRay yang biasanya datang cukup lama. WEB-DL ini merupakan hasil download dari situs distribusi online  iTunes atau situs lainnya yang menyediakan saluran TV melalui jaringan internet. Kualitasnya bagus karena bukan hasil re-encoded. Untuk serial TV, versi ini cukup banyak peminatnya karena lebih jernih dan tidak ada logo network TV di versi ini.

perbedaan kualitas dan resolusi download film

  1. Blu-Ray (BDRip / BRRip)

BRRip dan BDRip merupakan versi terbaik dari yang lain-lain karena di rip dari Bluray-disk. Selain lebih jernih, kadang versi ini juga menyertakan versi Director’s Cut, yang kadang tidak dimiliki versi lainnya (pengecualian DVD Retail). Tingkat kejernihannya biasanya tergantung dari sizenya. Pada umumnya, makin besar ukuran filenya, makin enak ditonton di layar besar. Semakin besar sizenya tingkat resolusinya semakin tinggi kalau yang nonton di laptop hati-hati ng-lag (patah-patah).

B. Kualitas resolusi

Biasanya saat kita akan download ada pilihan seperti  240p, 320p, 480p, 720p, 1080p? Tanpa dijelaskan anda juga sudah tahu semakin besar angkanya semakin bagus kualitasnya.Tapi tidak semua orang tahu maksudnya.

Begini penjelasannya :

  1. Bagian angka di 1080p adalah kualitas dari resolusi.
  2. 1080 adalah resolusi vertikal video dalam satuan pixel.
  3. P adalah progressive scan (non-interlaced).

Jadi artinya 1080p bukan 1080 pixel tapi 1080 progressive scan

Kesimpulan

  1. Jika anda yang sudah tidak sabar ingin menonton film keluaran terbaru tapi tidak punya uang buat ke bioskop. Anda akan melihat versi CAM yang sudah rilis. Tapi kalau anda sabar nunggu yang kualitas terbaik (Blu-ray) mesti nunggu dulu. tergantung rating film tersebut. kalau semakin tinggi ratingnya semakin lama pula anda menunggunya. 
  2. Jika Anda ingin menonton di TV, sebaiknya download yang Resolusi 1080p agar gambar lebih wide-screen.

Sekaian artikel kali ini tentang perbedaan kualitas dan resolusi download film. semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi salah download film / movie di internet. Salam berbagi

Tulis sebuah balasan atau komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.